Thursday, February 7, 2013

Mencintai Karena Allah, Gimana Caranya Sih...???



Pemikiran ini muncul pertama kali pas kelas 3 SMU, pas pelajaran agama bab nikah (huehehe... masih SMU udah naro perhatian ke bab nikah )... aku sempat mengerutkan kening ketika mendengar guru agamaku (pak Yassin... guru agama TOP BGT se SMUDA ) berkata: "Alasan (atau mungkin dasar) menikah itu harus karena Allah" (kurang lebih gitu deh ngomongnya, kalimat persisnya lupa... maab... ). Aku mikirnya gini..: Gimana caranya??? Lha faktor cintanya mana??? Kan biasanya orang milih pasangan hidup itu kan karna cantik/ganteng, kulit mulus kayak bintang iklan sabun atau lotion (lotion anti nyamuk ), pinter, cerdas, tajir . Atau karna baik hati, gak pelit (suka nraktir atau beli-beliin barang-barang mahal ), penyabar dll, dkk lah... Pokoknya hal-hal yang setau aku nggak ada kaitannya dengan Allah. Sesuai pengamatanku kala itu... orang nikah itu kebanyakan dasarnya karena sesuatu yang mereka sebut 'cinta'. 'Cinta' nya itu karna apa? Ya itu tadi, bisa karna hal-hal yang menyangkut materi (gak bole dicontoh ya!) atau kepribadian. So... menikah karna Allahnya itu yang gimanaaa???
Di tambah lagi ketika mempelajari ukhuwah dan mendengar kalimat "mencintai karena Allah". Aku makin bingung... pertanyaan dalam kepala tetep sama... yang gimana sih yang disebut dengan mencintai karena Allah? Sedangkan pikiranku yang sempit, yang kerdil, yang... geblek, mengatakan bahwa kalau kita mencintai seseorang (teman, saudara, keluarga) itu karena kebaikan mereka... atau karena faktor-faktor kecocokan antara mereka dengan kita.
Aku mencari... mencari... dan terus mencari... Hingga akhirnya... sekarang aku ngerti, dan alhamdulillah aku sudah bisa merasakan nikmatnyaaa "mencintai karna Allah"... Beda lho rasanya ketika kita mencintai seseorang karena-Nya dengan ketika kita mencintai seseorang sebatas karena si dia baik hati, atau klop kalo ngobrol dengan kita...
Tapi, aku masih belum bisa menerjemahkan rasa cinta yang luar biasa indah ini dalam kata-kata atau keterangan yang ilmiah ketika ada orang yang melemparkan pertanyaan yang sama padaku: yang gimana sih yang disebut dengan mencintai karena Allah? Kalaupun aku bisa memberikan contoh, si penanya malah sama bingungnya dengan aku dulu...  ketauan banget aku nggak komunikatif... Huhuhu...

No comments:

Post a Comment